Penerimaan mahasiswa praktik klinik Fakultas Kesehatan UMPP Herni Rejeki

image (48)

Humas RSUD Kardinah-RSUD Kardinah Kota Tegal sebagai Rumah Sakit Pendidikan di Jawa Tengah kembali menerima mahasiswa calon perawat untuk praktik klinik (23/11/2021).

Penerimaan mahasiswa praktik klinik dilaksanakan di Ruang PPM RSUD Kardinah, yang dihadiri langsung oleh Plt. Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M., Direktur Akper BPC Deni Indrawan dan Koordinator Mahasiswa Praktek Benny Arif yang mewakili Dekan Fakultas Kesehatan UMPP Herni Rejeki.

Calon perawat untuk praktik klinik berjumalah 90 orang dari dua perguruan tinggi, yaitu 66 mahasiswa dari Akademi Keperawatan Buntet Pesantren Cirebon (UPC) dan 34 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Pekajagan Pekalongan (UMPP).

Dalam sambutannya, Agus Dwi mengatakan bahwa sebagai rumah sakit pendidikan dan rumah sakit rujukan regional di wilayah Pantura Jawa Tengah bagian barat, RSUD Kardinah memiliki banyak pengalaman dalam hal pelayanan kesehatan.

Pandemi Covid 19 membuat sektor pendidikan sempat terhambat sehingga dibutuhkan penyesuaian metode pembelajaran salah satunya melalui pembelajaran daring. Namun untuk pendidikan calon perawat tidak cukup hanya dengan teori, tetap dibutuhkan praktik di lapangan.

Agus mengatakan "keselamatan pasien nomor satu, Pasien harus menjadi pusat perhatian, semua harus fokus kepada pasien, baik dokter, perawat, dan lainnya.

Mahasiswa calon perawat untuk praktik klinik nantinya akan mendapatkan pengalaman nyata dalam memberikan asuhan keperawatan secara langsung kepada pasien.