Pelatihan Basic Trauma Cardiac Support (BTCLS)

image (48)

Humas RSUD Kardinah-Pembukaan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Support (BTCLS) yang merupakan kerjasama antara RSUD Kardinah Kota Tegal dengan Medical Service & Training 119 (MST) Jakarta, dibuka secara langsung oleh Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal, drg. Agus Dwi Sulistyantono.,M.M. (Sabtu, 4 Desember 2021).

Pelatihan Basic Trauma Cardiac Support (BTCLS) dilaksanakan lima hari mulai tanggal 1 - 5 Desember 2021, dengan menggunakan metode pembelajaran Blended Learning yaitu secara daring (1-3 Desember 2021) dan luring (4-5 Desember 2021).

Pelatihan diikuti oleh 30 orang perawat RSUD Kardinah dari unit-unit diantaranya yaitu: Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care, Rawat Inap dan Rawat Jalan.

Materi Pelatihan terdiri dari Materi Dasar (Etikolegal Keperawatan, Sistem Penatalaksanaan dan Kegawat-daruratan Terpadu (SPGDT)), Materi Inti (Cardio Pulmonaly Resusitation (CPR), Elektrocardiografi (EKG), Code Blue, Stabilisasi Muskuloskeletel dan Spinal, Initial Assesment dan Intubasi) serta Materi Penunjang (Building Learning Comitment (BLC)).

Tujuan umum diadakannya pelatihan adalah upgrade kompetensi penanganan kegawat-daruratan traumatik dan cardiovaskuler perawat, baik dalam bentuk sertifikasi maupun re-sertifikasi, sedangkan tujuan khusus pelatihan ini adalah untuk mengembangkan Sistem Penanganan Kegawat-daruratan melalui pembentukan Tim Code Blue yang berbasis unit untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan penanganan pada kondisi emergensi di area Rumah Sakit. (*)