HASIL CAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL 2018

No Jenis Pelayanan / Indikator Standar Capaian
A.   Gawat Darurat
1 Kemampuan menangani life saving pada anak dan dewasa 100% 100
2 Jam buka pelayanan gawat darurat 24 Jam 24
3 Pemberi pelayanan kegawatdaruratan yang bersertifikasi yang masih berlaku :    
a.       CLS 100% 73,75
b.      TLS 100% 60,42
c.       ACLS 100% 63,75
4 Ketersediaan tim penanggulangan bencana 1 team 1
5 Waktu tanggap pelayanan dokter di gawat darurat ≤ 5Menit terlayani setelah pasien datang 3,82
6 Kepuasan pelanggan  ≥ 70% 77,86
7 Kematian pasien ≤ 24 jam  ≤ 2‰ (pindah ke pelayanan rawat inap setelah 8 Jam) 9,56
8 Tidak adanya pasien yang diharuskan membayar uang muka 100% 100
B.    Rawat Jalan
1 Dokter pemberi pelayanan di Poliklinik Spesialis 100% dokter spesialis 98,5
2 Ketersediaan pelayanan : 100 100
a. Klinik anak
b. Klinik penyakit   dalam 100 100
c. Klinik kebidanan 100 100
d. Klinik bedah 100 100
3  Ketersediaan Pelayanan di RS Jiwa :    
a. Anak remaja    
b. NAPZA    
c. Gangguan psikotik    
d. Gangguan Neurotik 100 100
e. Mental retardasi    
f. Mental organik    
g. Usia lanjut    
4 Jam buka pelayanan 100 100
5 Waktu tunggu di rawat jalan ≤ 60 Menit 63'26"
6 Kepuasan Pelanggan ≥ 90 % 79,6
7 a.       Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikrokopis TB ≥ 60 % 61,42
b.      b. Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di RS ≥ 60 % 62,17
C.    Rawat Inap
No Jenis Pelayanan Indikator Standar Capaian
1 Pemberi pelayanan di rawat inap a. Dr. Spesialis a. Dr. Spesialis
b. Perawat minimal pendidikan D3 b. Perawat minimal pendidikan D3
2 Dokter penanggungjawab pasien rawat inap 100% 100
3 Ketersediaan pelayanan rawat inap a. anak a. anak
b. penyakit dalam b. penyakit dalam
c. kebidanan c. kebidanan
d. bedah d. bedah
4 Jam visite dokter spesialis 08.00 - 14.00 setiap hari kerja 08.00-14.00
5 Kejadian infeksi pasca operasi ≤ 1,5 % 0,11
6 Kejadian infeksi nosokomial ≤ 1,5 % 0,04
7 Tidak adanya kejadian pasien jatuh yang berakibat kecacatan/ kematian 100% 99,99
8 Kematian pasien ≥ 48 Jam ≤ 0,24 % 3
9 Kejadian pulang paksa ≤ 5 % 3,13
10 Kepuasan pelanggan ≥ 90 % 80,46
11 Rawat Inap TB :    
a. Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikrokopis TB 100% 100
b. Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di rumah sakit 100% 100
12 Ketersediaan pelayanan rawat inap di rumah sakit yang memberikan pelayanan jiwa NAPSA, Gangguan psikotik, gangguan nerotik dan gangguan mental organik NA
13 Tidak adanya kejadian kematian pasien gangguan jiwa karena bunuh diri 100% NA
14 Kejadian re-admission pasien gangguan jiwa dalam waktu ≤ 1 bulan 100% NA
15 Lama hari perawatan pasien gangguan jiwa ≤ 6Minggu NA
D.   Bedah Sentral
1 Waktu tunggu operasi elektif ≤ 2Hari 2,49
2 Kejadian kematian di meja operasi ≤ 1% 0
3 Tidak adanya kejadian operasi salah sisi 100% 100
4 Tidak adanya kejadian operasi salah orang 100% 100
5 Tidak adanya kejadian salah tindakan pada operasi 100% 100
6 Tidak adanya kejadian tertinggalnya benda asing/ lain pada tubuh pasien setalah operasi 100% 100
7 Komplikasi anestesi karena overdosis, reaksi anestesi, dan salah penempatan endotrachela tube ≤ 6% 0
E.    Persalinan dan perinatologi (kecuali rumah sakit khusus di luar rumah sakit ibu dan anak)
1 Kejadian kematian ibu karena persalinan :    
a. Pendarahan ≤ 1% 0 0
b. Pre Eklampsia ≤ 30% 0 0
c. Sepsis ≤ 0,2 % 0 0
2 Pemberian pelayanan persalinan normal a. Dokter Sp. OG a. Dokter Sp. OG
b. Dokter umum terlatih (asuhan persalinan normal) b. Dokter umum terlatih (asuhan persalinan normal)
c. Bidan c. Bidan
3 Pemberi pelayanan persalinan dengan penyulit Tim PONEK yang terlatih Tim PONEK yang terlatih
4 Pemberi pelayanan persalinan dengan tindakan  operasi a.       Dokter Sp. OG d.      Dokter Sp. OG
b.      Dokter Sp.A e.      Dokter Sp.A
c.       Dokter Sp.An Dokter Sp.An
5 Kemampuan menangani BBLR 1500 gr - 2000 gr 100% 96,92
6 Pertolongan persalinan melalui seksio cesaria ≤ 20 % 40,67
7 Keluarga berencana : 100% 100
a. Presentase KB (Vasektomi dan tubektomi) yang dilakukan oleh tenaga kompeten dr. SpOG, dr. Sp. B, dr. SP. U, dokter bedah terlatih
b. Presentasi peserta KB mantap yang mendapat konseling KB mantap oleh bidan terlatih 100% 100
8 Kepuasan pelanggan > 80% 80,87
F.    Intensif Care Unit
1 Rata-rata pasien kembali ke perawatan intensif dengan kasus yang sama < 72 jam ≤ 3% 0,97
2 Pemberi pelayanan unit intensif a. 100% Dokter Sp. Anestesi dan dokter spesialis seseuai dengan kasus yang ditangani 100
b. 100% perawat minimal D3 dengan sertifikat perawat mahir ICU/ Setara (D4) 100
G.   Radiology
1 Waktu tunggu hasil pelayanan thorax foto ≤ 3Jam 2'38"
2 Pelaksana ekspertisi  Dokter Sp. Rad Dokter Sp. Rad
3 Kejadian kegagalan pelayanan Rontgen Kerusakan foto ≤ 2% 0,84
4 Kepuasan pelanggan ≥ 80% 81,1
H.   Lab. Patologi Klinik
1 Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium ≤ 140 menit Kimia darah dan darah rutin 131,22
2 Pelaksana ekspertisi Dokter Sp. PK Dokter Sp. PK
3 Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksaan laboratorium 100% 100
4 Kepuasan pelanggan ≥ 80% 81,45
I.      Rehabilitasi Medik
1 Kejadian drop out pasien terhadap pelayanan rehabilitasi medik yang direncanakan ≤ 50% 1
2 Tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitasi medik 100% 2
3 Kepuasan pelanggan   3
J.     Farmasi
1 Waktu tunggu pelayanan    
a. Obat jadi a. ≤ 30Menit 29,25
b. Obat racikan b. ≤ 60Menit 49,17
2 Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian obat 100% 50,01
3 Kepuasan pelanggan ≥ 80% 77,58
4 Penulisan resep sesuai formularium 100% 91,75
K.    Gizi 
1 Ketepatan waktu pemberian makanan kepada pasien ≥ 90% 94,67
2 Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien ≤ 20% 21,51
3 Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian diet 100% 100
L.     Transfusi Darah
1 Kebutuhan darah bagi setiap pelayanan transfusi 100 % terpenuhi 94,23
2 Kejadian reaksi transfusi ≤ 0,01% 0,17
M.      Pelayanan GAKIN
1 Pelayanan terhadap pasien GAKIN yang datang ke RS pada setiap unit pelayanan 100 % terpenuhi 100
N.   Rekam Medik
1 Kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelah selesai pelayanan 100% 97,73
2 Kelengkapan Informed Concent setelah mendapatkan informasi yang jelas 100% 97,82
3 Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat jalan  ≤ 10menit 9' 51”
4 Waktu penyediaan dokumen rekam medik pelayanan rawat inap ≤ 15menit 11′ 67″
O.   Pengolahan Limbah 
1 Baku mutu limbah cair a. BOD < 30 mg/l 7,09
b. COD < 80 mg/l 16,67
c. TSS < 30 mg/l 9,42
d. PH 6-9 7,88
2 Pengelolaan limbah padat infeksius sesuai dengan aturan 100% 100
P.    Administrasi dan Managemen
1 Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi 100% 100
2 Kelengkapan laporan akuntabilitas kinerja 100% 100
3 Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat 100% 100
4 Ketepatan waktu pengurusan gaji berkala 100% 100
5 Karyawan yang mendapat pelatihan minimal 20 jam setahun ≥ 60% 14,06
6 Cost recovery   89,58
7 Ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan 100% 100
8 Kecepatan waktu pemberian informasi tagihan pasien rawat inap ≤ 2 Jam 2
9 Ketepatan waktu pemberian imbalan (intensif) sesuai kesepakatan waktu 100% 100
Q.   Ambulance / Kereta Jenazah
1 Waktu pelayanan ambulance/kereta jenazah 24 Jam 24
2 Kecepatan memberikan pelayanan ambulance/kereta jenazah di rumah sakit ≤ 30 menit 27,75
3 Response time pelayanan ambulance oleh masyarakat yang membutuhkan Sesuai ketentuan daerah Sesuai ketentuan daerah
R.    Pemulasaran Jenazah 
1 Waktu tanggap (response time) pelayanan pemulasaran jenazah ≤ 2 Jam  
S.    Pelayanan pemeliharaan sarana rumah sakit
1 Kecepatan waktu menangapi kerusakan alat ≤ 15 menit ≥ 80 % 86
2 Ketepatan waktu pemeliharaan alat   99,08
3 Peralatan laboratorium dan alat ukur yang digunakan dalam pelayanan terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi 100% 100
T.    Pelayanan Laundry
1 Tidak adanya kejadian linen yang hilang 100% 67,94
2 Ketepatan waktu penyediaan linen untuk ruang rawat inap 100% 86,13
U.   Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
1 Ada anggota tim PPI yang terlatih    40
2 Tersedia APD disetiap instalasi/departemen ≥ 60% 90
3 Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksi nosikomial/HAI (health care associated infections) di rumah sakit (minimun 1 parameter) ≥ 75% 100