Modernisasi Sistem Rumah Sakit

image (48)

Rumah Sakit di Era Modern

Sebelum memasuki era teknologi informasi, berbagai pelayanan masyarakat dilakukan dengan cara manual. Hal ini menyebabkan terhambatnya pelayanan untuk masyarakat. Rumah Sakit juga mengalami kendala yang sama. Banyak masyarakat yang menganggap mendapatkan pelayanan kesehatan ke Rumah Sakit itu menyulitkan. Dengan masuknya era digital teknologi informasi, banyak hal yang berubah menjadi mudah, termasuk sistem Rumah Sakit.

Di era modern teknologi informasi, sistem informasi Rumah Sakit mencakup semua aspek pengelolaan klinis dan admininstratif. Sistem informasi Rumah Sakit ini dapat mengurangi biaya operasional Rumah Sakit dan meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Penerapan teknologi informasi pada Rumah Sakit bisa melalui SIRS (Sistem Informasi Rumah Sakit). SIRS sendiri merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data Rumah Sakit. Sistem ini bisa mencakup semua Rumah Sakit umum dan Rumah Sakit khusus. Hal ini diperlukan agar dapat menunjang penggunaan data yang optimal, serta semakin meningkatkan efektifitas penggunaan data untuk saat ini dan masa yang akan datang.

SIMRS sendiri merupakan aplikasi sistem pelaporan Rumah Sakit kepada Kementrian Kesehatan yang meliputi :

  • Data ketenaga kerjaan di Rumah Sakit.
  • Data identitas Rumah Sakit
  • Data rekapitulasi kegiatan pelayanan.
  • Data kompilasi morbiditas atau penyakit untuk pasien rawat jalan.

Sistem Rumah Sakit Yang Terintegrasi

Untuk meningkatkan pelayanan dan bersaing di era teknologi informasi ini, Rumah Sakit harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Saat ini RSUD Kardinah Kota Tegal sudah tersedia aplikasi untuk menerapkan sistem manajemen Rumah Sakit. Aplikasi yang dibangun untuk sistem informasi manajemen Rumah Sakit tersebut memberikan fitur lengkap, canggih, dapat diakses melalui semua device dan pastinya mudah digunakan.  Sistem cerdas dari SIMRS Kardinah dapat membantu untuk menjalankan Rumah Sakit dengan lebih mudah, dapat menjamin seluruh sistem dasar Rumah Sakit terpenuhi dengan dan dukungan teknis yang terbaik. Tampilan fitur yang menarik dan canggih mempermudah experience user dalam menjalankan sistem sehingga dapat dengan mudah memahami dan menjalankannya. Semakin banyak Rumah Sakit yang menggunakan sistem ini tentunya akan membuat pelayanan terhadap pasien menjadi jauh lebih baik lagi.