Beerapa Alat Kesehatan Canggih yang Terkoneksi Smartphone dan Internet

image (48)

Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai kemudahan alat yang digunakan sehati-hari dapat langsung terkoneksi dengan smartphone dan internet. Di dunia kesehatan, kehadiran teknologi kesehatan yang terkoneksi dengan smartphone juga menjadi dambaan bagi masyarakat. Mereka dapat memantau kondisi kesehatan sehari-hari. Melalui aplikasi yang diunduh, seseorang bisa langsung menggunakan perangkat tersebut.

Kontak lensa

Sebuah kontak lensa mampu mengukur kadar glukosa seseorang. Setelah memakai kontak lensa, kadar glukosa dibaca oleh kontak lensa dan dapat dilihat hasilnya pada smartphone.

Smart pilss mikrobiota

Perangkat ini mampu mendeteksi seberapa besar persediaan obat-obatan di fasilitas kesehatan. Hal ini memudahkan seseorang untuk memeroleh obat-obatan.

Heart rate monitor

Cara memonitor kerja jantung menggunakan perangkat ini yaitu perangkat berbentuk plester ditempelkan di kulit dan Anda bisa melihat kinerja jantung secara real time.

Sepatu yang dilengkapi sensor

Menurut Andri, beberapa sepatu bermerek terkenal yang ada pada saat ini telah dilengkapi dengan sensor. Sepatu yang dipakai ini secara real time dapat memantau berat badan seseorang.

"Sepatu layaknya timbangan. Tiap berat badan naik atau turun, kita akan diberitahu. Intinya, sepatu ini menjaga agar berat badan kita tetap  terjaga. Selain itu, suhu tubuh seseorang pun dapat diukur. Bahkan postur tubuh yang kurang atau tidak ideal dapat diketahui.

Medical report glasses

Selama ini, para dokter akan menghabiskan waktu untuk memasukkan data pasien yang diperiksa. Ada sebuah kacamata yang terhubung dengan koneksi internet yang memaparkan langsung kondisi pasien dan merekam hasil pemeriksaan yang dilakukan.

Kemudahan ini  sangat bermanfaat sehingga dokter dapat melayani pasien lebih banyak.

Sleep monitor

Anda ingin tahu, siapa yang tidur di sofa atau kasur? Sleep monitor dapat merekam seseorang yang tidur di sofa Anda. Alat tersebut juga bisa merekam dengkuran seseorang.