STANDAR PELAYANAN IGD PONEK

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Pasien dengan kegawatdaruratan obstetri, neonatal dan ginekologi  baik umum mapun bpjs

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Petugas IGD PONEK menerima pasien yang datang baik rujukan/ datang sendiri
  2. Melakukan asessment awal/ pemeriksaan secara sistematis melalui pemeriksaan fisik obstetri/ ginekologi, laboratorium.
  3. Melaporkan pasien baru ke dokter jaga IGD
  4. Dokter jaga IGD menentukan triage
  5. Melaksanakan kolaborasi dengan dokter obstetri/ spesialis untuk pemberian therapi selanjutnya
  6. Jika pasien datang dengan inpartu kala II partus di IGD PONEK
  7. Jika Jika belum bersalin/ inpartu kala I, KU stabil pindah ruangan VK/ Kamar bersalin
  8. Jika pasien membutuhkan ruang pengawasan intensif setelah penanganan pertama di IGD dan KU sudah stabil pindah ruang HCU/ICU/ICCU
  9. Bila pasien memerlukan cito / tindakan operasi maka pasien dan keluarga diberi informasi mengenai tindakan operasi yang akan dilakukan dan setelah setuju maka keluarga menandatangani informed consent dan dilakukan persiapan operasi

3.

Jangka Waktu Pelayanan

30 menit sejak pasien masuk ke iIGD PONEK sampai dengan ke ruang rawat inap

4.

 

Biaya/ Tarif

  • Peraturan Daerah Kota TegalNomor 1 Tahun 2003 tentang retribusi Pelayanan Kesehatan
  • Sesuai Peraturan Walikota Tegal Nomor 28 th 2011 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal

5.

Produk Pelayanan

Pasien dinyatakan rawat inap atau rawat jalan oleh dokter jaga IGD

6.

Penanganan, Pengaduan, saran dan Masukan

Pengaduan dan saran dapat disampaikan langsung melalui sms gateaway dengan nomor 081393508000, kemudianakan diproses oleh TIM PPID untuk mendapatkan tanggapan

7.

Dasar Hukum

Keputusan Menteri Kesehatan NO.1051/MENKES/SK/XI/2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergenci Komprehensif (PONEK) 24 jam di RS

8.

Sarana, Prasarana, dan fasilitas

  • Ruang IGD PONEK
  • Pemberian asuhan kebidanan sesuai dengan masalah
  • Pemberian pelayanan medis

9.

Kompetensi Pelaksana

  • DPJP (Dokter spesialis)
  • Dokter Umum Jaga IGD
  • Bidan (minimal berijazah DIII Kebidanan)

10.

Pengawasan Internal

Dilakukan secara rutin oleh Kepala Ruang IGD PONEK dan berkala oleh Kepala Bidang Keperawatan

11.

Jumlah Pelaksana

Tim (3-4 orang per shift)

12.

Jaminan Pelayanan

Umum, Asuransi, BPJS

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Sesuai Standar Prosedur Operasional

14.

Evaluasi Kinerja Pelayanan

Dilakukan secara berkala oleh Wakil Direktur Pelayanan