STANDAR PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Pasien Umum : Kartu Berobat (bila ada)

Pasien BPJS : Asli surat rujukan, asli Kartu Berobat, Asli Kartu BPJS, KTP, KK (fotocopy), dan SEP (yang diterbitkan oleh RS)

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Pasien baru mengisi formulir data pasien baru dan mengambil nomor antrian pendaftaran
  2. Pasien lama bisa langsung mengambil nomor antrian pendaftaran
  3. Pasien menuju ke loket pendaftaran untuk proses : pembayaran (pasien umum), pembuatan SEP (pasien BPJS)
  4. Pasien menunggu di ruang tunggu poliklinik yang dituju untuk menunggu panggilan pemeriksaan dari dokter
  5. Pasien diperiksa oleh dokter spesialis sesuai dengan indikasi medis pasien.
  6. Boleh melakukan entri resep dalam SIMRS
  7. Jika pasien mendapatkan resep dari dokter maka pasien menuju ke apotek, tetapi jika pasien tidak mendapatkan resep dari dokter maka pasien :
  • Bisa langsung pulang/rawat inap/rujuk ke RS yang lebih tinggi (BPJS)
  • Bisa langsung menuju kasir dan bisa pulang/rawat inap/rujuk ke RS yang lebih tinggi (Umum)
  1. Setelah mendapatkan obat maka pasien diperbolehkan  pulang

3.

Jangka Waktu Pelayanan

60 menit (tergantung ada tidaknya pemeriksaan penunjang)

4.

Biaya/Tarif

  • Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
  • Sesuai Peraturan Walikota Tegal  Nomor 28 Tahun 2011 tentang  Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.

5.

Produk Pelayanan

Kepuasan pengguna jasa

6.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Pengaduan dan saran dapat disampaikan langsung melalui sms gateway dengan nomor 081.393.50.8000, kemudian akan di proses oleh Tim PPID untuk mendapatkan tanggapan.

7.

Dasar Hukum

  • Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
  • Peraturan Walikota Tegal  Nomor 28 Tahun 2011 tentang  Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.
  • Peraturan MENPANRB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik.

8.

Sarana, Prasarana, dan Fasilitas

  • Poliklinik Spesialis
  • Apotek rawat jalan
  • Laboratorium rawat jalan
  • Poliklinik umum
  • Poliklinik gigi
  • Ruang tunggu pasien

9.

Kompetensi Pelaksana

Dokter spesialis sebagai pemberi pelayanan

Perawat minimal berijazah DIII Keperawatan

Bidan berijazah DIII Kebidanan

10.

Pengawasan Internal

Dilakukan secara rutin oleh Kepala Instalasi Rawat Jalan dan berkala oleh Kepala Bidang Keperawatan

11.

Jumlah Pelaksana

2 orang (1 dokter spesialis dan 1 perawat)

12.

Jaminan Pelayanan

Umum, Asuransi, BPJS

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Sesuai Standar Prosedur Operasional

14.

Evaluasi Kinerja Pelayanan

Dilakukan secara berkala oleh Wakil Direktur Pelayanan