STANDAR PELAYANAN INSTALASI RAWAT INAP

 

NO

 

KOMPONEN

 

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Pasien Umum : Surat Perintah Rawat Inap (SPRI)

Pasien BPJS : Kartu BPJS, KTP, KK, Surat Rujukan/SPRI dan SEP (yang diterbitkan oleh RS)

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Pasien yang berasal dari IGD atau rawat jalan yang memenuhi indikasi medis untuk rawat inap segera mendaftar di informasi pendaftaran RI sekaligus untuk pemesanan tempat rawat inap ( Kelas I, II, III, VIP, atau VVIP)
  2. Keluarga pasien/pengantar pasien mengurus administrasi sesuai jenis pembayaran pasien (BPJS/Umum)
  3. Pasien menuju ke ruangan rawat inap diantar oleh petugas
  4. Setelah pasien dirawat dan dinyatakan boleh pulang oleh dokter, keluarga pasien segera mengurus kepulangan pasien di bangsal/rawat inap dan loket pembayaran 

3.

Jangka Waktu Pelayanan

Tergantung clinical pathways dari masing-masing Diagnosa Medis.

4.

Biaya/Tarif

  • Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
  • Sesuai Peraturan Walikota Tegal  Nomor 28 Tahun 2011 tentang  Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.

5.

Produk Pelayanan

Pasien dinyatakan pulang oleh DPJP

6.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Pengaduan dan saran dapat disampaikan langsung melalui sms gateway dengan nomor 081.393.50.8000, kemudian akan di proses oleh Tim PPID untuk mendapatkan tanggapan.

7.

Dasar Hukum

  • Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
  • Sesuai Peraturan Walikota Tegal  Nomor 28 Tahun 2011 tentang  Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.
  • Peraturan MENPANRB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik.

8.

Sarana, Prasarana, dan Fasilitas

  • Ruang rawat inap ( Kelas I, II, III, VIP, VVIP )
  • Pelayanan rawat inap ( pemberian asuhan keperawatan, pemberian pelayanan medis, pemberian tindakan medis, pelayanan penunjang medis )
  • Visite dokter spesialis

9.

Kompetensi Pelaksana

DPJP ( Dokter Spesialis), DIII Kebidanan.

PPJP (Perawat minimal berijazah DIII Keperawatan)

10.

Pengawasan Internal

Dilakukan secara rutin oleh Kepala Ruang Rawat Inap dan berkala oleh Kepala Bidang Keperawatan

11.

Jumlah Pelaksana

Team (3 – 4 orang/shift)

12.

Jaminan Pelayanan

Umum, Asuransi, BPJS

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Sesuai Standar Prosedur Operasional

14.

Evaluasi Kinerja Pelayanan

Dilakukan secara berkala oleh Wakil Direktur Pelayanan