STANDAR PELAYANAN KASIR PEMBAYARAN RAWAT INAP

NO

KOMPONEN

UARAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

  • Pasien umum : membawa lembar rincian rawat inap, tagihan  laboraturium, radiologi, tindakan operasi, dan surat perintah pulang dari perawat ruangan
  • Pasiena BPJS : Setelah diverifikasi oleh petugas BPJS, Keluarga pasien menuju ke loket pembayaran rawat inap

2.

Sistem, mekanisme dan prosedur

Pasien UMUM

  1. Setelah pasien dinyatakan/ diperbolehkan  pulang
  2. Keluarga meminta rincian pembayaran dan surat perintah pulang pada perawat ruangan
  3. Pasien menuju kasir untuk melakukan pembayaran
  4. Menyerahkan berkas kepulangan ke kasir untuk malakukan pembayaran
  5. Kasir akan memverifikasi jumlah rincian pembayaran yang dibawa pasien dengan jumlah tagihan yang ada di SIM RS, Jika ada perbedaan petugas loket melakukan konfirmasi kepada perawat dan memberitahukan kepada keluarga pasien.
  6. Kasir menerima uang dan membuat kwitansi pembayaran dan diberikan kepada keluarga pasien.
  7. Pasien menerima kwitansi pembayaran dan melaporkan kepada perawat jaga, untuk diperbolehkan pulang

Pasien BPJS

  1. Setelah pasien dinyatakan pulang
  2. Keluarga pasien meminta surat perintah pulang pada perawat jaga
  3. Menuju ke loket BPJS / BPJS Centre untuk melakukan perhitungan cover BPJS
  4. Setelah mendapatkan perhitungan dari BPJS, pasien menuju ke loket untuk proses Selanjutnya
  5. Jika Pasien BPJS di cover seluruh biaya RS akan mendapat perhitungan ( free)  bentuk memo pembebasan BPJS, dan jika pasien termasuk naik kelas maka akan mendapatkan bangko perhitungan selisih bayar. 
  6. Dari memo pembebasan BPJS itu petugas loket nanti akan melakukan penghapusan tagihan pasien pada SIM RS
  7. Dan dari blangko perhitungan selisih BPJS, Petugas loket akan melakukan transaksi pembayaran sama seperti pada pasien umum

3.

Jangka waktu pelayanan

+/- 10 menit

Dihitung pada saat pasien menyerakan berkas pembayaran rawat inap kepada petugas loket pembayaran rawat inap

4.

Biaya / Tarif

  • Peraturan daerah Kota Tegal nomor  1 tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan
  • Sesuai peraturan walikota Tegal nomor 28 tahun 2011 tentang tarif pelayanan kesehatana pada badan layanan umum daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.
  • BPJS (Permenkes Nomor 64 Tahun 2017)

5.

Produk Pelayanan

Kwitansi Pembayaran

6.

Penanganan Pengaduan, Saran Dan masukan

  • Pengaduan bisa dilakukan langsung kepada petugas loket dan dibantu bagian keuangan 
  • untuk pelayanan dapat  melalui sms gateway dengan nomor 081 393 50 8000 kemudianakan diproses oleh tim PPID untuk mendapatkan Tanggapan

7.

Dasar hukum

  • Peraturan daerah Kota Tegal nomor 1 Tahun 2012 tentang retribusi jasa umum
  • Sesuai peraturan walikota tegal nomor 28 tahun 2011 tentang tarif Pelayanan Kesehatan Pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.
  • Peraturan MENPAN RB nomor 15 tahun 2014 tentang pedoman standar pelayanan

8.

Sarana, prasarana dan fasilitas

  • Ruang loket rawat inap
  • AC
  • Sofa Bagi Pembayar
  • 2 set komputer dan printer untuk melayani Pembayar
  • 2 set lampu sorot uang

9.

Kompetensi pelaksana

Staf keuangan

10.

Pengawasan internal

Dilakukan secara rutin oleh kepala loket rawata inap dan berkala oleh kepala bidang keuangan

11.

Jumlah pelaksana

Team ( 2-3 orang untuk Pagi, 1 orang untuk Sore)

12.

Jaminan pelayanan

Umum, Asuransi, BPJS, Surat Jaminan Perusahaan

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Sesuai Standar Prosedur Operasional

14.

Evaluasi kinerja pelayanan

Dilakukan secara berkala oleh pejabat yang berwenang