STANDAR PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Pelayanan

Pasien Umum : KTP, Kartu Berobat (bila ada)

Pasien BPJS : Kartu Berobat (bila ada), Kartu BPJS, Rujukan Puskesmas, KTP, KK (masing-masing fotocopy), SEP (yang diterbitkan oleh RS)

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Pasien datang di IGD, sementara keluarga pasien/pengantar pasien mengurus pendaftaran di informasi IGD
  2. Perawat IGD melakukan Triase di ruang triase
  3. Untuk pasien darurat dilakukan tindakan sesuai kebutuhan
  4. Untuk pasien gawat darurat dilakukan resusitasi dan stabilisasi
  1. Setelah selesai, keluarga pasien melakukan pengurusan administrasi untuk : pulang, rawat inap, atau rujuk ke RS yang lebih tinggi

3.

Jangka Waktu Pelayanan

< 5 menit (tergantung kasus kegawatdaruratan)

4.

Biaya/Tarif

  • Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
  • Peraturan Walikota Tegal  Nomor 28 Tahun 2011 tentang  Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.

5.

Produk Pelayanan

Pasien pulang, rawat inap, atau rujuk ke RS yang lebih tinggi

6.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Pengaduan dan saran dapat disampaikan langsung melalui sms gateway dengan nomor 081.393.50.8000, kemudian akan di proses oleh Tim PPID untuk mendapatkan tanggapan.

7.

Dasar Hukum

  • Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 1 Tahun 2003 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.
  • Sesuai Peraturan Walikota Tegal  Nomor 28 Tahun 2011 tentang  Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal.
  • Peraturan MENPANRB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik.

8.

Sarana, Prasarana, dan Fasilitas

  • IGD terdiri dari ruang Triase, ruang resusitasi, ruang bedah minor, ruang tindakan non bedah, dan ruangan observasi
  • Alat untuk menangani life saving (monitor dan defibrilator)
  • Alat IGD mengacu pada buku pedoman pelayanan Gawat Darurat Departemen Kesehatan RI untuk penunjang pelayanan pasien Gawat Darurat
  • Fasilitas Ambulance

9.

Kompetensi Pelaksana

Semua tenaga dokter, perawat, dan bidan mampu melakukan teknik pertolongan hidup dasar (Basic Life Support) yang memiliki sertifikat ATLS, ACLS, BTCLS

10.

Pengawasan Internal

Dilakukan secara rutin oleh Kepala Instalasi Gawat Darurat dan berkala oleh Kepala Bidang Pelayanan

11.

Jumlah Pelaksana

Team (1 dokter jaga IGD, 3 – 4 perawat shift)

12.

Jaminan Pelayanan

Umum, Asuransi, BPJS

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Sesuai Standar Prosedur Operasional

14.

Evaluasi Kinerja Pelayanan

Dilakukan secara berkala oleh Wakil Direktur Pelayanan