RSUD Kardinah Launching Aplikasi LEKON-TANGI

image (48)

Walikota Tegal secara resmi melaunching LEKON – TANGI, yaitu sebuah layanan baru dari RSUD Kardinah melalui aplikasi untuk pelayanan Emergency /Gawat Darurat yang dilakukan secara online. LEKON – TANGI atau kepanjangan dari Layanan Emergency Kardinah Online Cepat Datang dan Tangani ini mempunyai tujuan memberikan layanan bagi pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat pra rumah sakit secara cepat, tepat, dan bermutu untuk masyarakat Kota Tegal.

Apresiasi diberikan langsung oleh Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, SE, M.M dengan  hadirnya sistem LEKON – TANGI ini, sebab kesehatan adalah hal yang krusial bagi semua orang. Secara keseluruhan LEKON – TANGI bisa di download secara online melalui playstore atau CallCentre 0283 4533111 untuk mendapatkan layanan ini. “Hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan tidak bisa dikesampingkan dan ditunda-tunda,  fasilitas dan pemberian layanan kesehatan yang prima dan paripurna sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ucap Walikota.

Di jelaskan oleh Walikota hal penting bukan hanya asuransi kesehatan untuk menjamin biaya perawatan kesehatan dan pengobatan namun juga kecepatan dan ketepatan penanganan bagi yang memerlukan. sebab satu detik pun sangat berharga bagi nyawa seseorang. dengan demikian kehadiran LEKON – TANGI ini jika diterapkan dengan baik dan kontinyu akan sangat baik bagi kemajuan pelayanan di RSUD Kardinah.

“Dengan LEKON – TANGI masyarakat bisa memperoleh layanan call center non stop 24 jam dan bahkan melalui aplikasi di android kita bisa meminta agar RSUD Kardinah memberikan penanganan yang cepat dan tepat saat mengalami masalah kesehatan maupun yang termasuk gawat darurat.,” jelas Walikota.

Diakhir sambutannya Walikota meminta, program LEKON – TANGI  ini harus disosialisasikan seluas-luasnya dan secepatnya kepada masyarakat. jangan sampai ada layanan sebagus ini masyarakat tidak tahu dan tidak bisa mengakses maka akan sia-sia.

“Sekali lagi saya mengapresiasi setiap inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, namun yang paling penting adalah pikirkan agar apa yang kita buat bisa berlangsung lama dan benar-benar berguna bagi masyarakat. Jangan hanya dibuat begitu saja namun tidak dirawat dan ujung-ujungnya kehilangan manfaat,” pungkas Walikota.

Disampaikan oleh Plt Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal, dr. Herry Susanto Sp.A bahwa Inovasi LEKON-TANGI merupakan penanganan gawat darurat yang dilakukan tim professional emergency RSUD Kardinah. Sebab, dengan ketersediaan sarpras, fasilitas dan sumber daya manusia professional meliputi dokter, bidan, perawat dan driver ambulan bisa memberikan layanan emergency secara mobile.

“layanan program LEKON-TANGI bisa diakses secara menyeluruh untuk mendapatkan layanan gawat darurat secara cepat, tepat dan bermutu pra rumah sakit, yaitu rumah, kantor, sekolah, jalan raya, obyek wisata, maupun tempat lainnya dalam mengakses layanan emergency menggunakan mobil ambulance,” ucap Herry. Herry juga menambahkan untuk sarpras dan fasilitas ambulance di lengkapi monitor, ventilator mekanik, devibrilator dan obat obatan emergency dalam memberikan layanan gawat darurat, ucap Herry.

Inovasi program ini juga selaras dengan visi dan misi dan program unggulan Walikota Tegal di bidang kesehatan yakni, Meningkatkan dan menyediakan akses pemerataan pelayanan kesehatan, mengoptimalkan sarpras medis sesuai standar dan meningkatkan angka harapan hidup. Semoga dengan hadirnya aplikasi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kardinah.