VISITASI PENETAPAN RS PENDIDIKAN DI RSUD KARDINAH KOTA TEGAL

image (48)

RSUD Kardinah Tegal sebagai rumah sakit tipe B dalam upaya menjadi RS Pendidikan diharapkan nantinya bukan hanya menjadi rujukan pasien untuk mendapatkan perawatan, tetapi juga menjadi tempat para tenaga kesehatan untuk menimba ilmu tentang kesehatan, terutama para dokter muda dan dokter ppds yang tengah magang untuk menyelesaikan studinya. Sesuai dengan tujuan   pada   misi yang diemban RSUD Kardinah yaitu “Menyelenggarakan   pendidikan   dan penelitian  di  bidang  Kedokteran  yang  profesional  (GoodHealth Education)” adalah Meningkatkan Mutu Kerjasama Pendidikan di Bidang Pelayanan Kesehatan yang berorientasi pada Kepuasan Pengguna Jasa dengan sasaran Tercapainya kepuasan pengguna jasa

Saat ini RSUD Kardinah Tegal terus berupaya untuk dikukuhkan menjadi Rumah Sakit tipe B Pendidikan dan pada tahun ini tanggal 27 Oktober 2018 RSUD Kardinah kunjungi oleh perwakilan dari Kemenkes RI dalam rangka visitasi menuju akreditasi rumah sakit pendidikan. Diawali dengan acara penyambutan kedatangan Tim Visitasi di ruang loby dengan tarian selamat datang  serta pengalungan bunga dan dihadiri oleh Struktural, Dokter, Kepala bagian serta Kepala Seksi/ruang dari RSUD Kardinah. Pertemuan diisi dengan sambutan pembukaan oleh Plt. Direktur RSUD Kardinah dengan pemaparan profil RSUD Kardinah, dan pemateri perwakilan dari Kemenkes RI. Acara ini juga dihadiri oleh Walikota Tegal. H. M. Nursholeh sekaligus berkesempatan membuka acara tersebut, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari, SpKK, MM, MH dan juga para tamu undangan. Kemudian dilanjutkan peninjauan mengenai kesiapan/kelayakan baik di lapangan maupun kesiapan dokumen.

Dan berikut ilustrasi dari sebuah rumah sakit untuk ditetapkan menjadi Rumah Sakit Pendidikan :

 

Dalam hal ini ada beberapa standar yang harus dipenuhi oleh sebuah rumah sakit yang akan menjadi RS Pendidikan diantaranya :

  • Standar Visi, Misi dan Komitmen Persyaratan RS Pendidikan
  • Standar Manajemen dan Administrasi RS Pendidikan
  • Standar SDM untuk Program Pendidikan Klinik
  • Standar Penunjang Pendidikan
  • Standar Perancangan dan Pelaksanaan Program Pendidikan Klinik yang Berkualitas

RS Pendidikan diharapkan memiliki kemampuan pelayanan yang lebih dari RS non Pendidikan terutama meliputi :

  • Penjaminan mutu pelayanan dan  keselamatan pasien serta kedokteran berbasis bukti (Evidence Based Medicine).
  • Penerapan Metode Penatalaksanaan Terapi terbaru.
  • Teknologi Kedokteran yang bertepat guna
  • Hari rawat yang lebih pendek untuk penyakit yang sama.
  • Hasil pengobatan dan survival rate yang lebih baik.
  • Tersedianya konsultasi dari Staf Medis Pendidikan, selama 24 jam.

Kunjungan yang berlangsung selama satu hari ini diharapkan dapat memberi masukan dalam hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan untuk kelayakan sebuah Rumah Sakit Pendidikan.