Vaksin HPV, Pencegah kanker Bisa digunakan hingga usia 45 th

image (48)

Vaksin HPV, yang mencegah kanker serviks dan keganasan lainnya, sekarang disetujui untuk pria dan wanita berusia lanjut Dikutip dari New York times Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS mengumumkan minggu lalu bahwa Gardasil 9, vaksin HPV, sekarang disetujui untuk digunakan pada orang yang berusia 27 hingga 45 tahun.

Vaksin HPV melindungi terhadap beberapa strain infeksi menular seksual yang disebut human papillomavirus, telah berada di pasar selama 12 tahun; Namun, saat itu baru digunakan pada yang berusia 9 hingga 26 tahun. Penelitian baru memperluas rentang usia hingga 45 thn.

HPV, yang juga dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker vulva, anus, penis dan bagian-bagian tenggorokan. Virus itu memiliki banyak strain. Itu ditularkan secara seksual, dan kebanyakan orang dewasa mengalami setidaknya satu ketegangan di beberapa titik dalam hidup mereka. Vaksin HPV melindungi terhadap sembilan strain, termasuk yang paling mungkin menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin.

Efektivitas vaksin pada pria usia 27 hingga 45 disimpulkan dari data pada wanita, dari kemanjurannya pada pria yang lebih muda dan dari bukti bahwa itu menciptakan kekebalan dalam studi pria 27 hingga 45 tahun.

Efek samping yang paling umum dari vaksin termasuk rasa sakit di tempat suntikan, pembengkakan, kemerahan dan sakit kepala. Jika seseorang telah terkena strain HPV tertentu, vaksin tersebut tidak akan bekerja melawan strain tersebut. Oleh karena itu, vaksinasi sangat disarankan untuk orang muda sebelum mereka menjadi aktif secara seksual.

vaksin mencegah lebih dari 90 persen kemungkinan kanker yang disebabkan oleh HPV, kata Gypsyamber D’Souza, seorang ahli epidemiologi di Sekolah Kesehatan Umum Bloomberg di Universitas Johns Hopkins.

Umumnya, orang dewasa berusia 27 hingga 45 tahun diperkirakan telah terpajan HPV, kata D’Souza, karena mereka lebih cenderung berada dalam hubungan seksual monogami jangka panjang. Tentu saja, tidak semua orang di kelompok usia ini melakukan seks berisiko rendah, dan sekarang mereka memiliki pilihan untuk mendapatkan vaksin HPV. Dengan penelitian baru dan persetujuan Gardasil 9 dalam kelompok usia ini, FDA mengatakan bahwa obat itu masih dapat mencegah infeksi HPV pada orang dewasa ini, kata D’Souza.

Dr. Lois M. Ramondetta, seorang profesor onkologi ginekologi di MD Anderson Cancer Center di Houston, mengatakan dalam sebuah wawancara. “Ini adalah vaksin pencegahan. Waktu terbaik untuk mendapatkannya adalah sebelum Anda memasuki usia 13 dan memiliki aktivitas yang intim sama sekali. Tapi, katanya, melindungi terhadap sembilan jenis HPV, jadi jika Anda memiliki salah satu jenis, Anda masih dapat dilindungi dari jenis HPV lainnya”

by Evry Zony | Oct 10, 2018 | General, Healthy Lifestyle