Sistem Pembayaran Host to Host di RSUD Kardinah

image (48)

Tegal - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal menggandeng Bank Jateng dalam program host to host pembayaran tagihan pasien. Kegiatan ini direalisasikan setelah adanya penandatanganan MoU antara pihak RSUD Kardinah dan Bank Jateng. Dengan kerjasama ini nantinya pembayaran seluruh pasien kepada pihak RSUD dilakukan secara online di kantor Bank Jateng terdekat dengan sistem pembayaran yang realtime, terekam, termonitor dan merupakan bentuk program transparansi kinerja RSUD Kardinah Kota Tegal.

Selama ini pasien RSUD Kardinah untuk proses pembayaran di kasir/loket pembayaran RS, dengan program host to host Bank Jateng ini pasien dapat langsung melakukan pembayaran di Kantor Bank jateng terdekat atau tempat kas bank jateng yang telah disediakan di rumah sakit. Selanjutnya dengan kerjasama yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak dan kedepannya layanan yang diberikan menjadi lebih. Bank Jateng siap dan mendukung penuh untuk meningkatkan pelayanan RSUD Kardinah Kota Tegal.

Perlu kami jelaskan dulu apa itu Host to Host atau sering dikenal H2H, yaitu “sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung“. Lebih sederhananya: “komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain”.

Supaya lebih jelas, mari kita bahas lebih detail, kata Host to Host berdiri dari kata Host, kata Host adalah bahasa inggris yang artinya tuan rumah. Sedangkan kata Host dalam bidang teknologi yaitu istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung secara online. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Host to Host adalah: Host (sistem dalam server) yang terhubung dengan Host (sistem dalam server yang lain) secara langsung. Jadi host dari rumah sakit dan bank terhubung secara langsung, bisa lihat gambar pada ilustrasi diatas.

Fungsinya: Sistem ini berfungsi untuk pembayaran dimana pasien atau keluarga pasien dapat langsung membayar biaya pelayanan kesehatan secara online via ATM atau channel pembayaran lainnya.

Ilustrasi

Dengan mengembangkan sistem Host to Host, Host RS  dapat langsung terintegrasi dengan Host Bank Mitra yang telah ditunjuk oleh rumah sakit yang bersangkutan. Semua data (pembayaran) yang masuk dalam server Bank Mitra akan terintegrasi secara langsung dengan data yang ada dalam server RS.

Pada saat pasien/keluarga pasien akan melakukan pembayaran di Bank Mitra melalui teller, ATM, Internet Banking atau channel pembayaran lainya, maka akan langsung masuk ke sistem RS pengguna dan data pasien yang melakukan pembayaran akan muncul, lalu dapat melanjutkan proses transaksi. Setelah transaksi selesai, status bayar pasien akan berganti dengan otomatis di kedua server yaitu pihak bank dan rumah sakit. Selain itu, rumah sakit juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan integrasi data baik dengan Bank Mitra maupun integrasi data internal.

Kelebihan Host to Host

Beberapa kelebihan yang diperoleh rumah sakit dalam penggunaan Host to Host ini antara lain, pertama, rumah sakit dapat memilih Bank Mitra sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan. Setiap rumah sakit tentunya memiliki pertimbangan tersendiri dalam melakukan kerjasama dengan Bank Mitra.

Kedua, Sistem Host to Host juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjalin koneksi seperti pertukaran data dan transaksi. Ketiga, H2H juga bersifat real time, berbeda dengan Point to Host (P2H) yang tidak real time dan biasanya membutuhkan jeda paling cepat 15 menit untuk men-Update data. Contoh perbedaan Host to Host (H2H) dan Point to Host (P2H), jika H2H yaitu ketika pasien melakukan transaksi pembayaran di teller bank atau channel pembayaran lainya, dan begitu ada transaksi pembayaran dari pasien, pihak rumah sakit akan langsung mendapatkan notifikasi pembayaran dari pihak bank, sedangkan P2H, Rumah sakit umumnya baru akan mendapatkan notifikasinya delay dan paling cepat 15 menit kemudian.

Keuntungan Penggunaan Host to Host

Rumah sakit :

  1. Meminimalisir antrian lama di kasir keuangan rumah sakit
  2. Bagian keuangan tidak perlu sibuk mencatat serta melayani padatnya antrian pasien yang akan melakukan pembayaran.
  3. Pembayaran yang dilakukan pasien/keluarga pasien melalui ATM akan langsung masuk ke dalam sistem keuangan Rumah sakit sehingga bagian keuangan cukup melihat dari simRS, siapa saja pasien/keluarga pasien yang belum & yang sudah membayar.
  4. Data pembayaran pasien dapat dilihat secara real time oleh pihak rumah sakit.
  5. Sistem yang dikembangkan dibangun dengan standar kemanan yang tinggi. Standar operasi yang baku menjamin semua proses terkontrol dengan baik.

Pasien:

  1. Pasien/keluarga pasien dapat melakukan pembayaran kapan pun selama 24 jam.
  2. Pasien/keluarga pasien pun dapat melakukan pembayaran melalui ATM.
  3. Memberikan rasa aman kepada pasien/keluarga pasien pada saat melakukan pembayaran biaya rumah sakit tidak perlu membawa uang cash

Itulah sedikit gambaran tentang pengertian dan fungsi Host to Host. Semoga ulasan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih layanan yang berkualitas.